Kamis, 10 Oktober 2013

rencana baik Tuhan dibalik keinginan gue yang ga terwujud

tulisan ini lebih ke curhatan perjalanan hidup gue di dunia kerja ya :p yang cinta cinta'an nanti aja hoho. soalnya gue udah lama banget mikir hidup gue ini banyak banget dibantu sama Tuhanku satu satunya, Allah.SWT. perjalanan kisah gue yang ga selalu mulus, tapi ternyata banyak keterkaitan yang seharusnya gue syukuri. semoga cerita gue ini bisa ngehipnotis kalian yang lagi jenuh, lagi ngeluh mulu, bosen sama rutinitas kalian, terutama yang lagi jenuh di kantor, sama kaya gue :) haha


jujur udah berapa bulan ini gue udah jenuh, jenuh, jenuuuh banget di kantor. yahh, mau cari kesempatan lain, masih belom bisa. banyak banget rencana yang bikin gue masih harus tetap bertahan, masih harus sabar,dan terakhir gue harus bisa bersyukur atas apa yang udah gue dapetin sekarang.

step awal keberuntungan gue
gue mau cerita dulu, pendidikan terakhir gue ini D1. gue ambil desain grafis kemaren. di Interstudi Jakarta. kemaren kampus gue di Bulungan. bayangin aja, gue yang kemaren tinggal di Depok, harus bolak balik kampus di Bulungan. berangkat naik ojek dulu dari pengasinan ke bojong sari. terus nyambung angkot ke pasar jumat, abis itu nge-metro mini deh sampe bulungan. itu abis 2 jam aja. berangkatnya doang. belom baliknya. mana suka nyesek kalo udah jauh jauh ga taunya dosen mendadak ga masuk. udah ribet bawa tugas yang biasanya gede gede. haha tapi kangen juga sih :)
pasti pada nanya kenapa gue ambil D1? tanggung amat.
haha iya laah, siapa yang ga mau kuliah? eh, banyak sih. haha.. 
dulu, obsesi gue dari SMA sebenernya ke Psikologi. ntah, gue minat banget dibidang ini. dari dulu gue paling suka pelajarin tentang kepribadian, paling tertarik tentang filosofi kehidupan, tentang masalah kehidupan, gimana solusinya, gitu gitu. sampe gue dulu paling sering dijadiin tempat curhat, ntah ga tau kenapa. begitu selese SMA gue daftarin diri ke UI lewat jalur PMDK, emang tanpa sepengetahuan bokap sih. dan emang beliau itu pengennya gue masuk ke sekolah kedinasan gitu, alesannya disitu lebih terjamin gue tar begitu selesai pendidikan. nahh, sibuklah gue ke warnet, urusin ini itu yang dibutuhin. dan dari sekolah emang bukan gue sendiri yang daftar lewat PMDK. ada 2 orang lagi jadi kita bertiga. tapi asal kalian tau ya, yang urusin tentang pendaftaran online, terus ngasih info tentang apa aja yang dibutuhin, itu gue sendiri. ho oh, akun mereka buat daftar di UI itu gue yang bikinin. mereka emang nemenin sih, tapi ya, intinya masih gue juga yang ngerjain.
karna banyak banget syarat yang ternyata gue ga ngerti, bertanyalah diriku dengan ayahanda tercinta. dan ternyataaa, respon beliau nggak positif pemirsahh :'( beliau ga setuju kalo gue masuk psikologi. nyesek ga? nyesek. tapi gue masih masa bodo, gue masih daftar biar ga ada restu dari ayah. dan hasilnya? ya gue ga lulus :)
usaha gue ga disitu aja. gue lagi lagi ikut tes SIMAK UI. pilihan pertama gue itu Psikologi, yang kedua itu Hukum kalo ga salah. dan ternyata gue masih ga lulus teman temang :'( terus gue cari cari info lah, mercu buana, terus mana lagi ya? tapi semangat gue ternyata kalah sama rasa down gue karna ayah ga ijinin. yah, gue emang paling takut sama ayah. kalo beliau ga suka, ya artinya ga bisa.
singkat cerita gue ke jakarta, mau nurutin kepengenan ayah daftar ke perhubungan udara. tapi ya karna ga niat, ntah kenapa lagi lagi gagal ragara: kurang tinggi badan. WHAT?? tinggi gue 160. ga lulus? oke fine, mungkin bukan jalan gue.
pasrah karna gatau mau kemana lagi. mau ambil kuliah apa aja waktunya udah lewat semua. pengen nangis dan sampe akhirnya gue dikasih brosur sm kakak. brosur D1 Interstudi dan pake feeling aja gue pilih desain grafis. emang sih gue suka gambar, fotografi pake kamera hape sama suka edit foto dikit dikit pake potoshop. pas jaman SMA gue udah jadi inceran temen temen minta editin foto loh haha. bego nya gue kenapa ga gue jadiin duit ya -__-
jujur, dulu pas awal masuk DG, gue butaaaaaaaa banget sama apa itu desain grafis. bener bener ga ngerti. bayangan gue cuma sekedar belajar program edit edit gambar doang. fungsi, propek kerja kaya gimana nya ga tau. so, gue  bener bener belajar dari 0. dan disitu temen temen gue yang emang sebelumnya punya skill, yang udah S1 tapi buat matengin skill doang. fix, sebagai anak daerah yang ga kenal siapa siapa dan ga ngerti apa apa, gue ciut.
tapi Alhamdulillah ..ga taunya anak anak sini pada asik. mereka ga sombong, dan bener bener jauh dari pandangan gue sebelumnya.
semakin waktu berjalan, gue makin betah, gue makin suka, dan bener bener memperdalam apa itu ART. seni, filosofi, aaahhhh gue suka!
alhamdulilah gue pun selesai dengan ipk diatas 3. ga nyangka juga, soalnya desain grafis ini pontang panting banget, ampun. 

dah selesai? beloon,

gue tadinya ada rencana pengen kuliah, tapi ga taunya ga jadi lagi. soalnya ada tawaran jadi relawan gitu di Al-Azhar Peduli Ummat. iya, relawan. bagian Desain Grafisnya. lumayan buat cari pengalaman awal. mana orang orang nya baik juga. lingkungannya juga jadi ngasih kebiasaan positif ke gue dalam hal ibadah. disini gue lumayan kaget.biar gue disini cuma sebentar, 4 bulanan. tapi banyak banget pelajaran dan bekal yang gue dapet buat kedepan. bayangin aja gue mau desain banner aja dulu bisa 3 harian. banyaak banget mikirnya. gue kaget ternyata sebagai desain grafis itu bener bener sebagai decision maker. gue berasa cupu banget. tapi Alhamdulillah manajer gue baik dan dia bisa ngerti. ngajarin gue lagi. sampe ke curhat dalam masalah kehidupan, dan lagi lagi gue ngerasa beruntung atas jalan hidup gue.

yah emang ga lama gue disana. selesai dari APU, gue sempet ke bogor. tujuannya sih pengen refreshing, eh gataunya gue jadi ikut ikutan bisnis sama temen. dia mau mulai bisnis butik batik gitu. woh, gue bolak balik bogor-jakarta hampir tiap hari buat ketemu sama ..aduh siapa itu yang ngemodalin? lah kok jadi lupa ya -__-sama hunting bahan. tapi disitu kita kaya di maenin -__- ya namanya anak baru belajar bisnis, jadi sasaran empuk banget buat orang orang yang mau manfaatin. tapi untungnya gue ga sampe lanjut, tapi alhamdulillah disini gue jadi belajar dikit dikit bisnis itu awalnya gimana :) ya sambil cari cari kerja gitu.
gue juga loncat loncat, interview disana sini. ada juga tempat yang nerima gue tapi gue tolak karna pertimbangan gaji nya ga seimbang sama jarak dan kerjaan gue -__- tapi terlepas itu gue jadi dapet banyak job juga. gue freelancer desain grafis. ada yang emang langsung minta ke gue, ada juga temen yang minta tolong bantuin kerjaan dia. apa aja, desain kaos lah, brosur, katalog, laen laen.. alhamdulillah, buat jajan sama beli pulsa gue :p juga tabungan gue dikit dikit hehe.

iseng iseng berhadiah

terus pas 3 minggu sebelum lebaran, gue pulang. iyalah. masa mau bengong aja di kota orang. gue balik ke palembang.
bisa bayangin ga gimana rasanya; ga kuliah, ga kerja. malu? iya. maka dari itu gue ga berenti usaha cari peluang. gue browsing dan nemu satu lowongan: Dibutuhkan Desain Grafis di  Tribun Sumsel. koran baru gitu di palembang. gue liat sih grupnya Kompas Gramedia. oh iya, sebelumnya pas di Jakarta gue sempet ngelamar sih di KG. abis interview terus dapet email cuma jadi cadangan aja. gue kesono sm mbak sih, dia bilang gini: "kayanya mba ngerasa deket deh suasana di KG ini, mba kayanya yakin kamu bakal gabung disini dek"
hehe.. gue sih aminin aja. yah walopun ternyata gue cuma lulus sebagai cadangan ..
balik lagi ke cerita di palembang, pas gue nemu tuh lowongan di Tribun Sumsel, ya langsung aja masukin lamaran. sebenernya kualifikasinya sih ga masuk ya, disitu ditulis dibutuhin min. D3, sedangkan gue cuma D1. pede banget ga?? HAHAHAA, tapi ntah, gue pengen aja gitu tetep ngelamar.
dan bener banget. prosesnya berjalan cepet dan lancar banget. 2 hari dari situ gue ditelpon buat interview. gue loncat! rada gugup juga :v hahaha.. gue catet jam berapa, alamatnya dimana. aaa kaya berasa dapet undian haha, padahal masih interview doang. pas dateng sih, ternyata ga terlalu ribet ya, gue ditanyain tentang pengalaman gue sebelumnya, apa yang gue kerjain terus disuruh cerita. cerita tentang gue,  tentang desain, banyak. ya kalo gue udah cerita sih panjang, sampe abis itu gue di suruh nunggu lagi bentar, dan eng ing eng, diluar dugaan gue langsung disuruh tes bidang. langsung disuruh ngedesain gitu. bikin 3 macem iklan dan udah ada ketentuannya.
ya bismillah aja gue kerjain semua sesuai ketentuan plus improvisasi gue sebagai desainer grafis. abis itu, gue pulang. 
baru aja sampe rumah, istirahat, gue ditelponin lagi. tau di telpon kenapa? gue disuruh balik lagi ke kantor buat ambil surat pengantar cek kesehatan! tadinya gue minta waktu gitu supaya besok aja ke kantornya, tapi dijawab gitu supaya prosesnya cepet. Subhanallah.. gue ga percaya, langsung loncat dari kasur terus nyamperin ayah minta anter. ya, ayah emang pahlawan banget buat gue waktu itu .. :*
nah, besoknya gue cek kesehatan, terus tinggal nunggu hasil. besoknya gue disuruh dateng lagi dikasih tau hasilnya, karna emang pas cek kesehatan kondisi gue lagi flu. sehari sebelumnya gue minum obat dan itu ternyata pengaruh sm hasil cek kesehatan. gue dibilang ada sakit jantung?? -__-
astaga setahu gue gue ga punya riwayat gitu, gue ga pernah ngos ngosan, ga pernah pingsan kecapean, bingung. tapi untung aja gue diminta buat tes lagi jantung tapi pake duit sendiri. langsung gue cek dan alhamdulillah emang bener gue sehat jantung gue normal. besoknya hasil nya gue bawa, dan alhamdulillah.. gue tanda tangan kontrak :)

subhanallah ..gue dapet kerjaa :D

cuma 1 difikiran gue waktu itu. GUE BERUNTUNG BANGET! gue masih 20 tahun dimana temen temen gue masih pusing sama kuliah dan ngabisin duit orang tua, gue udah selangkah lebih maju dari mereka. gue kerja. dan gue paling muda dikantor itu haha. banyak yang kaget pas gue bilang umur gue masih 20. "muda banget??" hahahaa :v
beruntung banget,beruntung banget gue pada saat itu. 

ya emang sih, 

alhamdulillah selama gue di Jakarta, gue rajin banget ibadah, sm solad malem. bener bener terasa gimana bedanya. banyak langkah yang dipermudahkan dan langkah gue selama ini kaya nya saling berhubungan.

pertama, kalo gue masih ego pertahanin keinginan gue buat kuliah psikologi, ga mungkin gue bisa nyasar ke desain grafis. biarpun cuma D1. cuma D1? kenapa? inilah keberuntungan gue yang kedua. kalo gue ga D1, ga mungkin gue bisa belajar secepat ini. dan ga mungkin gue bisa ada pengalaman kerja biarpun sebentar, ga mungkin gue cepet punya relasi dimana mana sampe akhirnya gue tetep bisa cari rejeki biarpun freelance. ga mungkin kan?
dan ga mungkin juga gue bisa masuk ke salah satu perusahaan besar yang alhamdulillah sudah bisa cukup buat gue bisa mandiri ga nyusahin orang tua lagi. serius. sampe sekarang ini. sudah 1 tahun lebih 3 bulan. yang insyaallah awal november ini gue diangkat tetap hehe (doain ya).

nah. gue masih mikir sekarang. atas apa yang sudah Allah kasih sama gue sampe sekarang, atas dasar apa gue harus masih ngeluh? kenapa gue ga pernah bersyukur?

gue yakin kita semua punya jalan hidup sendiri sendiri. coba kalian inget inget lagi apa yang sudah kalian punya sekarang?

  • buat kalian yang masih kuliah, ntah itu D3 atau S1 dan MASIH AJA MALES MALESAN, ngeluh tugas banyak ga selesai selesai. kalian harus tau betapa beruntungnya kalian. apalagi kuliahnya dibayarin orangtua. asik banget ituhh.. gue aja sekarang masih pengen banget kuliah. sampe gue susun planning kedepan mau kuliah psikologi cari kerja laen soalnya gue tar mau nikah gitu kan, ga mungkin terus terusan mau jadi DG balik malem teyus, tar dimarah laki deh :3 wkwk ..
  • terus juga yang udah kerja tapi semangatnya udah ilang .. emang sih, gue bisa maklumin kok, masa jenuh, capek itu pasti ada. kalo kalian udah gini, ada 2 kemungkinan, kalian udah butuh liburan, ato emang udah ga cocok kerjanya. kalo udah bosen butuh liburan, ambil dong cuti, istirahat, lakuin apa yang kalian mau ..abis itu pasti ada semangat lagi :) nahhh kalo kalian udah bosen, udah bener bener jenuhh, ibarat orang naik mobil terus sopirnya ngebut gitu mana penumpangnya bau bau terus kamunya mual mau muntah..yaaa gimana ya. jangan buru buru ambil keputusan resign ya, coba survive dulu..inget gimana awal usaha kamu sampe bisa kerja disitu.. terus pastiin bener apa alasan km resign? cari kerja itu susah loh. tempat yang baru itu artinya kamu harus adaptasi lagi dari 0. tapi ya kalo alesan kalian memang ga bisa diganggu gugat lagi, misal kaya gue: ntar mau cari kerja laen karna pertimbangan waktu. tar gue kali merit kan ga mungkin pulang malem. nah itu sih gapapa. yaa, tapi kalo emang udah ga nyaman lagi sih emang ga bisa dipaksain ya, pesen gue cuma 1 ini: tahan, sambil cari cari lagi peluang kerja. kalo udah dapet panggilan ya, ambil..kalo udah ada tempat baru, ya resign deh :) pindah, sosialisasi lagi. adaptasi lagi. suasana baru lagi. ya ini lah konsekuensinya,


intinya ya syukurilah apa yang sudah kalian punya, manfaatkan yang ada. karna apa yang kita punya itu pemberian Tuhan. Tuhan punya alasan kenapa kalian harus begini, kenapa kalian harus begitu. karena itu juga bagian pelajaran hidup yang Tuhan kasih. banyak hal keterkaitan yang ga diduga duga. kaya gue. gue cuma D1, tapi gue tetep pede dan percaya Tuhan punya rencana yang baik yang ga gue tahu didepan. misal: karna gue dikasih kesempatan kerja ditempat gue sekarang, gue dapet seorang kekasih yang sangat istimewa dan ternyaman yang pernah gue temui. indah banget. coba kalo gue ga kerja disini, ya ga ketemu deh kita :) dan tanam difikiran kalian: ngeluh itu ga menghasilkan apa apa. percaya gue. teruslah bersyukur, manfaatkan apa yang kamu punya sebagai batu loncatan kesuksesan kamu didepan dan, cerna semua pengalaman kamu, ntah itu menyenangkan ataupun menyakitkan dengan fikiran yang positif. karna pelajaran hidup kalian dari situ. Kehidupan itu mengasyikan, kalo kalian bisa berfikir positif untuk ini semua.

oke guys.
terus senyum ya, hidup itu indah loh :)
oh iya tar gue juga mau cerita tentang hebatnya fikiran. fikiran itu bisa jadi mantra loh buat kehidupan kita didepan. tapi ceritanya besok aja, kalo ga besok ya besoknya lagi, kalo ga besoknya lagi ya besoknya besok lagi, dst...    soalnya ini udah malem banget. gue besok kerja wkwk..

semangat ya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar