Kamis, 12 September 2013

waktu itu bisa ngerubah semua ya :)

percaya ga sama title nya?  percaya dong.
pernah kan dibilang sama tante, oom, sepupu yang lebih tua trus ganteng itu ..

"ya ampun deeeee, kamyu udah gede yuaaaa, cantik buangeettt"

pernah kan ?
antara kesel sama seneng sih dibilang gitu.
senengnya karna dibilang cantik *uhuk* sebelnya, masa sihhh kita mau kecil terus??sampe segitu histerisnya ngeliat kita udah gede. padahal udah jelas jelas berapa taon ga ketemu. wajar kan? kita kan tumbuh berkembang karna kita ini anak sehat!

nah itu mungkin salah satu contohnya. contoh kecil loh. waktu itu ajaib.

di umur 21 ini, gue sebut sebagai fase pintu masuk nya dunia dewasa. ibaratnya orang baru masuk ke dalem sebuah rumah, gue banyak ngelongo nya. melihat banyak hal baru. sedikit shock dengan masalah yang ternyata lebih berat daripada ga dikasih duit jajan ato ga diijinin jalan sama pacar. 

kalo mau di struktur ..gue buat fase waktu nya gini:

anak anak - fase pengenalan "ini loh dunia"
dimasa anak anak, mereka ga punya beban, karna ya tugas mereka ya mengenal dulu dasar dasar kehidupan. bagaimana berjalan, bagaimana membaca, bagaimana ngitung supaya mereka gedenya ga ketipu rentenir, bagaimana nyanyi, bagaimana ngejahilin orang,
yah bahkan nakal nya mereka itu ngaruh loh sama kecerdasan otaknya, kenapa? semakin jahil dia, berarti semakin kreatif otaknya.
yah maka dari itu gue sebut ini dasar kehidupan..

remaja - alay - fase latihan (fase pembelajaran menuju pendewasaan)
kenapa gue sebut latihan? karna disini mereka mulai mengenal kata "masalah" walaupun sebenernya ga berat berat amat. misalnya kewajiban mereka buat pr, besok ujian dadakan disekolah, duit jajan kurang, dijahilin temen, pengen beli gitar aja harus nabung berbulan bulan (gue banget huhu), sampe ke masalah dimusuhin / ditusuk dari belakang sama sahabat sendiri, ataupun diputusin sama pacar.
berat banget ga masalahnya? HAHAHA..
tapi gue yakin banget bagi yang sudah pernah ngelewatin masa ini pasti bakal kangen banget karna sebenernya masa masa ini masa yang manis banget.. ciye ciyee~

mulai dewasa - fase ujian
mulai dewasa itu dari sejak kapan sih? huhu
yah kuliah semester 5 lah gue bisa sebut demikian, ato yang umur 20 udah kenal dunia kerja juga bisa di kategorikan masuk ke fase ini, kenapa?
orang orang yang sudah memasuki fase ini pasti udah mulai ada fikiran tentang masa depan,
udah nyadar susah nya nyari duit,
udah bisa mikir gimana bisa ngasih duit ke orang tua,
udah bisa ngerasa bangganya ga minta duit sama papap lagi,
udah  bisa mikir 'besok makan apa'..
udah nyadar beratnya nyuci baju..
udah bisa nyadar gitu nyesel kenapa dulu sekolah kerjanya males malesan..
tar kedepannya mau nikah sama siapa..
udah protektif gitu cari pasangan bukan cuma modal tampang tapi bobot bibit bebet nya di perhitungin banget.
intinya udah mulai mikir realistis untuk kehidupan kedepan, karna mengingat banyaknya kesalahan dimasa latihan, jadi ga mau diulang. iya khaaaannndd..
jadi udah siap siap gitu memasuki fase terakhir yaitu ..

bener bener dewasa banget!! yeahh - fase mateng
yah disini kalian udah siap ato sering disebut "udah mateng" gitu dehh.
udah ngerti gitu baik buruknya kehidupan. udah ngerti otak otak nakal anak anak, udah sering dapet undangan nikahan.. 
yah kalo anak anak SMA pasti mandang kalian udah om om, ato tante tante. mikir kalian udah tua banget gitu. dan dimana di fase ini ada 2 tipe:
- tipe pengen buru buru nikah - 
yah, ini jelas banget. selain karna iri gitu pas dateng ke acara nikahan temen, ngeliat temen lu nyengir sm pasangannya yang cakep, biasa nya seumur gini ya orang orang yang udah jelas arah hidupnya, udah kerja, udah ngerti pahit manis nya hidup. so ya tunggu apalagi? berpasangan itu kan memang kebutuhan batiniah yang penting banget buat dipenuhi hehe.
- tipe workaholic, yang penting karirrr -
yang tipe gini juga banyak. dan kebanyakan itu cewek. yah, karna ngerasa apa apa bisa dilakuin sendiri gitu. mau dibilang miss independent. sampe ga mikir pasangan lagi karna saking cintanya sama karir. 
yah mau ingetin aja sih, yang kaya gini sih kebanyakan nyeselnya pas lagi diumur nanggung gitu. sekitar 35an keatas, baru nyadar betapa indahnya pernikahan. pas buka pesbuk ga sengaja gitu ngeliat foto temen sama pasangannya lagi liburan dibali bareng anak anaknya dengan pose mesra bahagiaa..haha. 
gimana rasanya? iri banget kan? ngerasa kesepian? duit lo bisa kaya gitu? kaga cantik! :)
dan kalo udah umur segini sih, cewe udah susah banget dapet cowok. yah, tapi ga ada yang ga mungkin di mata Tuhan..hehe

intinya sih mau jadi apa kita itu tergantung pemikiran kita, gimana mengambil pelajaran dari yang sudah lewat lewat ..
  • yang dulunya kita nakal, dengan berjalannya waktu ya ga menutup kemungkinan kita berubah. karna otak kita dipake buat mikir, ga mau ngulang kesalahan ..
  • yang dulunya kita cinta banget sama si A, dengan berjalannya waktu ya masa masa labil yang ga realistis pun bisa kita tinggalkan disaat menemukan tempat singgah hati baru yang lebih nyaman, karna ternyata akhirnya kita sadar, kebahagiaan itu ada pada waktu yang tepat :) sakit hati kita dulu bukanlah akhir dari jalan cerita bahagia hidup kamu.
  • yang dulunya kita susah, dan bukan keluarga yang bercukupan, karna ingin merubah nasib pasti ada aja usaha karna kreatifitas otak kamu jalan juga untuk mencari cara untuk bangkit..
dan banyak banget contoh lain kenapa kita bisa berubah ..
tapi bukan berarti semua hal! apa itu? sesuatu yang sangat dalam didalam perasaan, seperti cintanya ibu lo, ayah, atau lo tipe yang memang melankolis dan ga bisa lupain cinta pertama? bisa jadi itu ga bisa berubah hehe.. kalo udah ngomong masalah perasaan, itu susyahh.. otak aja bisa kalah :D hehe
ntarlah kita bahas tentang bandelnya perasaan hehe.

momen lucu :)
keluar dulu dari cerita diatas, gue pengen cerita awal dari kenapa gue buat tulisan tentang waktu ini :D
gue abis heran sih, udah 2 kali gue di tegor temen yang dulunya itu sama sekali ga deket sama gue. temen lama banget. temen SD - SMP.
2 orang ini sama sama negor dengan muka seneng dan sama sama nanya "lo inget gue kaga yu??"
ya jelas gue inget, inget banget.
dan ntah kenapa gue juga seneng ketemu mereka, walopun gue sempet canggung, tapi lucu juga ngeliat banyak banget yang berubah, ntah rasa kepo gue jadi meningkat banget jadi nanya nanyain kabar, kuliah dimana, tinggal dimana, masih suka main sama siapa aja..terus di akhirin dengan kata kata .. "lo kalo ketemu gue jangan sombong sombong lu ..gue liat di pesbuk lo dingin banget"
hehe, ternyata pada merhatiin ya.
tapi dengan pertemuan singkat yang menyenangkan itu kembali ngebuat gue sedih.
justru temen temen gue dulu yang dulunya deket banget sama gue, itu kemana?
sampe pernah ada satu momen gue liat mereka pura pura ga tau ..
haha lucu kan? lo pernah ga gitu?
waktu emang bisa ngerubah semua kan
bahkan lo bisa tau tentang kenyataan bener apa salah pendapat kita dulu, dengan berjalannya waktu ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar